SMAN 6 Singkawang Merazia Siswa di Sekolah

SMA Negeri 6 Singkawang bertekad untuk meningkatkan disiplin siswa mulai di awal-awal tahun pelajaran 2021/2022 ini. Mengingat bahwa SMA Negeri 6 Singkawang telah melaksanakan pembelajaran tatap muka sejak tanggal 18 Agustus 2021. Setelah sekian lama siswa melaksanakan proses pembelajaran secara daring/online akhirnya sekarang siswa SMAN 6 Singkawang dapat melaksanakan sekolah tatap muka. Dalam rangka menerapkan disiplin kepada para siswa maka pihak sekolah mengadakan razia disetiap kelas. Razia akan selalu dilaksanakan secara rutin dan berkala. Razia siswa ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin siswa, karena hal merupakan kunci sukses terlaksananya proses belajar siswa di sekolah. Oleh sebab itu kami berkomitmen untuk membenahi disiplin siswa ini sejak awal-awal tahun pelajaran ini

Dalam  mengadakan razia pihak sekolah masuk ke kelas-kelas setelah sebelumnya disampaikan himbauan kepada siswa untuk menaati peraturan siswa dalam berpakaian, berpenampilan dan larangan membawa benda-benda lainnya yang tidak ada hubungannya dengan proses belajar . Tim penegak disiplin siswa terdiri dari guru piket, guru BK, Pembina Osis dan Waka Bidang kesiswaan. Sasaran utama kerja tim ini adalah penertiban penampilan dan berpakaian siswa seperti seragam sekolah mulai dari baju dan celana/rok, sepatu dan tali sepatu , ikat pinggang serta kaos kaki. 

Selain itu razia juga ditujukan kepada siswa laki-laki yang berambut dan kuku panjang dan tidak rapi. Kepada siswa perempuan ditujukan pada rambut yang diwarnai dan perangkat dalam seragam siswa perempuan.

Razia ke kelas-kelas dilaksanakan berdasarkan tata tertib siswa di sekolah yang sudah ditetapkan dewan guru bersama komite sekolah. Razia didahului dengan memberikan tindakan peringatan kepada siswa untuk berpenampilan sesuai peraturan dan disiplin siswa. Meskipun demikian himbauan itu masih tidak diindahkan oleh sebagian kecil siswa. Dengan rutinnya dilaksanakan razia pihak sekolah berharap akan muncul kesadaran pada siswa tentang pentingnya disiplin disekolah sehingga dapat menampilkan suasana sekolah yang ideal seperti yang diharapkan.