Pelaksanaan Upacara Bendera 17 Agustus 2022

Upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di SMA Negeri 6 Singkawang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 17 Agustus 2022. Pelaksanaan upacara pada tahun ini agak berbeda daripada tahun-tahun sebelunya. Pada tahun-tahun sebelumnya biasanya sekolah melaksanakan upacara peringatan detik-detik Proklamasi secara bersamaan dihalaman kantor Camat Singkawang Utara, namun pada tahun ini kami melaksanakannya secara mandiri dihalaman sekolah sesuai dengan surat edaran dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat dengan Nomor : 003.3 / 3735 / DIKBUD tanggal 15 Agustus 2022.

Pelaksanaan upacara bendera kali ini agak berbeda suasananya karena yang menjadi petugas upacara adalah para dewan guru. Yang bertindak selaku inspektur upacara adalah Ibu Hasfidayanti, S.Psi (Waka. Kurikulum), sementara petugas pembawa acara/MC adalah Ibu Ari Sundari, S.Pd (Guru Bahasa Inggris), pembaca naskah Undang-undang Dasar tahunn 1945 adalah Ibu Sari Sumaningrum, S.Sos (Guru Geografi), pembaca teks Proklamasi adalah Ibu Sri Wahju Handajani, S.H (Guru PKn), pembaca do’a Bapak Ramidi, S.Pd.I, M.Pd dan ajudan/pembawa naskah Pancasila adalah Ibu Erlinda Yunaria, S.P (Guru Biologi). Sementara Kepala Sekolah tidak bisa ikut melaksanakan upacara disekolah dikarenakan pada saat yang bersamaan beliau juga sedang menghadiri undangan untuk mengikuti Upacara di Kantor Walikota Singkawang.

Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun ini mengusung tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. Tema ini merefleksikan tekad dan daya juang pantang menyerah Bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan, pulih lebih cepat, dan bangkit lebih kuat untuk mengisi kemerdekaan demi kemajuan bangsa. Walau upacara digelar secaara sederhana namun upacara tersebut berlangsung dengan khidmat dan lancar.