IKA ALUMNI SMA NEGERI 6 SINGKAWANG

Ikatan Keluarga Alumni (IKA) SMA Negeri 6 Singkawang telah dibentuk sejak tanggal 12 Desember 2015 yang digagas dan diprakarsai oleh angkatan pertama. Berdasarkan sejarahnya SMA Negeri 6 Singkawang dibuka dan diresmikan oleh Walikota Singkawang pada saat itu bapak H. Awang Ishak pada tanggal 2 Mei 2006. Dan untuk pertama kali yang menjadi kepala sekolah pada saat itu adalah Bapak Suhadi, S.Pd. SMA Negeri 6 Singkawang  mulai membuka dan menerima siswa barunya untuk angkatan pertamanya pada tahun ajaran 2006/2007. Dan angkatan pertama yang mendaftar di SMA Negeri 6 Singkawang lulus pada tahun 2009.

Berdasarkan Hasil Musyawarah Besar pembentukan IKA , Ikatan Keluarga Alumni SMAN 6 Singkawang.
Telah ditetapkan kepengurusan IKA SMAN 6 Singkawang Periode awal sebagai berikut :

DEWAN PENASIHAT :
1. Gatot Hadi Subroto

2. Hasfidayanti A. Madjid W

KETUA : Arif Patuhrahman
Sekretaris : Purwati
Bendahara : Rachmawati
Divisi Publikasi : Rio
Divisi Pendidikan : Prasetyo Aji Nugroho
Divisi PSDM : Nurmayunita dan Delly
Divisi Koordinator Angkatan : Mulyadi dan Gendhuk W.

Keberadaan dan peran Ikatan Alumni sangat penting dalam mewujudkan visi & misi suatu sekolah/lembaga pendidikan, khususnya dalam kegiatan Akreditasi Sekolah. Tapi lebih dari itu, Ikatan Alumni dapat menjadi ujung tombak dalam meningkatkan reputasi sekolah di mata masyarakat, di samping “membuka jalan” alumni yang lain (alumni yang baru lulus) untuk masuk ke dunia kerja atau profesional. Hampir semua sekolah yang “berkualitas” selalu ditopang oleh Ikatan Alumni yang mumpuni pula. Realitas ini pada gilirannya akan dapat meningkatkan mutu lulusan sekolah tersebut. Jadi, alumni adalah aset penting yang harus dirangkul dan dikembangkan oleh setiap sekolah. Itu penting, baik untuk sekolahnya maupun alumninya !!

Sinergi  antara Sekolah dan Alumni sangat perlu untuk diwujudkan. Di tengah kompetisi dan dinamika peradaban yang kian sengit, sinergi sekolah dan alumni menjadi eleman penting. Untuk membangun SINERGI antara sekolah dan alumni tidak ada kata terlambat untuk dilakukan.

selain itu IKA SMA Negeri 6 Singkawang juga sudah terbentuk dan sudah memiliki logo khusus. Berikut ini adalah konsep Logo IKA SMA Negeri 6 Singkawang dengan filosofi sebagai berikut ::

Filosofi Logo

  1. Lilin melambangkan Sharing/Berbagi diharapkan nanti IKA SMA Negeri 6 Singkawang dapat menjadi wadah berbagi untuk para alumni SMA Negeri 6 Singkawang.
  2. Pancaran sinar cahaya yang berwarna warni melambangkan setiap alumni yang berbeda beda diharapkan nantinya meskipun berbeda tetapi tetap memiliki satu tujuan
  3. Lingkaran melambangkan kesatuan diharapkan nantinya IKA SMA Negeri 6 sebagai wadah tempat menjalin silaturahmi bagi para alumni agar terbentuknya kesatuan bagi seluruh para alumni
  4. Rantai melambangkan kekeluargaan, berdasarkan sifat dan tujuan dalam ADRT SMA Negri 6, yaitu kekeluargaan. diharapkan nanti dengan adanya IKA SMA Negeri 6 Singkawang, para almumni dapat menjalin kekeluargaan dengan alumni SMA Negeri 6 lainnya.
  5. Batang melambangkan kekuatan, diharapkan nantiny IKA SMA Negeri 6 Singkawang akan menjadi kekuatan dari para alumni sebagai wadahnya.