Kegiatan Pramuka blok ini adalah adalah kegiatan Pramuka yang pertama kali dilaksanakan di SMA Negeri 6 Singkawang. kegiatan Pramuka blok ini dijadwalkan akan dilaksanakan diawal semester dan diakhir semester. setelah mengikuti kegiatan MPLS siswa baru SMA Negeri 6 Singkawang melanjutkan dengan mengikuti kegiatan pendidikan pramuka sistem blok yang diselenggarakan pada tanggal 21 – 22 Juli 2023. Model pramuka dengan sistem blok ini dilakukan untuk memenuhi jam pengganti ekstrakurikuler pramuka bagi kelas X. Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh peserta didik kelas X.  Kegiatan ini memiliki tujuan-tujuan tertentu dalam penerapan pendidikan kepramukaan di sekolah. Pada tujuan tersebut yang paling penting adalah tujuan penerapan pendidikan karakter peserta didik dalam kegiatan kepramukaan.

Kegiatan pramuka sistem blok di SMA Negeri 6 Singkawang dibuka oleh Kepala Sekolah bapak Anang Taufik Karunia, S.Pd M.Pd. yang juga selaku KAMABIGUS Dewi Sartika dan Gusti Hamzah.

Hari pertama kegiatan pramuka blok dimulai dengan upacara pembukaan disore hari kemudian dilanjutkan dengan mendirikan tenda dan persiapan api unggun. Pada malam hari setelah sholat isya acara dilanjutkan dengan pemberian materi tentang dunia Penegak dan pembuatan api unggun.

Pada hari kedua, peserta memulai kegiatan dengan sholat subuh dan dilanjutkan dengan senam pagi. Setelah sarapan kegiatan dilanjutkan dengan jelajah alam. Kemudian setelah sholat dzuhur kegiatan dilanjutkan dengan berbagai lomba diantaranya ada lomba  cerdas cermat, memasak, dan bersih lingkungan.