SMA Negeri 6 Singkawang telah melaksanaan kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) pada hari Senin – Selasa tanggal 28 – 29 Agustus 2023.  Kegiatan ANBK  dimulai tepat waktu sesuai dengan jadwal yang ditetapkan secara nasional yakni untuk sesi 1 dimulai pada pukul 07.30 – 09.40 WIB dan sesi kedua dimulai pukul 1o.40 – 12.50 WIB.

Jumlah peserta asesmen sebanyak 50 orang siswa yang telah dipilih oleh kementerian terdiri dari 45 orang sebagai sampling dan 5 orang siswa sebagai cadangan. Peserta asesmen berasal dari siswa perwakilan kelas XI dari semua kelas.  Adapun asesmen yang mereka wajib kerjakan dihari pertama adalah Literasi Membaca dan Survey Karakter. Untuk asesmen dihari kedua adalahs Numerasi dan Survei Lingkungan Belajar dengan durasi waktu kerja 130 menit, ujarnya.

Ada tiga kompetensi yang diukur pada ANBK 2023, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) literasi dan numerasi, Survey Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar. Hasil dari ANBK ini nantinya akan menjadi penilaian tiap sekolah dalam bentuk Rapor Pendidikan yang berisi data kualitas satuan pendidikan atau daerah.

“Rapor pendidikan ditampilkan dalam beberapa elemen yang terbagi berdasarkan tiga kompetensi ANBK. Nanti akan muncul dengan beberapa penilaian, misal jika berwarna hijau artinya elemen pendidikan tersebut sudah bagus, namun jika berwarna kuning ada yang perlu diperbaiki, dan jika merah maka harus menjadi perhatian khusus karena harus segera ditanggulangi,”