Pada hari Sabtu tanggal 14 Oktober 2023 telah dilaksanakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi pengurus OSIS terpilih untuk priode tahun 2023-2024. LDK tersebut dilaksanakan di pantai Pasir Panjang Singkawang. LDK adalah sebuah pelatihan dasar yang menjadi salah satu program kerja Kesiswaan. Biasanya diadakan setelah reorganisasi Pengurus OSIS dipilih dan anggota kegiatan ekstrakurikuler yang telah dinyatakan dterima dilantik menjadi bagian organisasi secara penuh. LDK dapat dikategorikan sebagai bagian dari pelatihan dan pengembangan SDM, yang memiliki tujuan untuk mempersiapkan SDM organisasi yang di sekolah agar memiliki jiwa kepemimpinan dan mampu bekerja secara efektif.

Latihan Dasar Kepemimpinan  (LDK) merupakan suatu pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan atau skill siswa dalam memimpin. Salah satu tujuan latihan kepemimpinan siswa yaitu untuk membangun karakter pribadi (personality) anggota OSIS SMAN 6 Singkawang supaya semakin kuat. Semua pengurus OSIS yang baru harus mengikuti LDK karena memiliki tujuan yang sesuai dengan visi dan misi organisasi serta mempunyai banyak manfaat.

Semoga dengan LDK ini seluruh peserta dari angota OSIS mampu menyerap materi dengan maksimal, mengamalkannya, kemudian menyebarkan kepada siswa lainnya, sehingga tercapai karakter siswa SMAN 6 Singkawang yang jujur, disiplin dan berprestasi sesuai dengan visi sekolah.