Gladi Bersih ANBK di SMA Negeri 6 Singkawang

Pelaksanaan gladi bersih ANBK untuk siswa  kelas XI SMA Negeri 6 Singkawang terlaksana pada hari Rabu – Kamis tanggal 8 -9 Oktober 2021.

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mengalami perubahan nomenklatur menjadi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) dan juga mengalami perubahan di sistem evaluasi pembelajaran.

ANBK adalah program penilaian terhadap mutu yang dimiliki oleh satuan pendidikan atau sekolah berdasarkan arahan BNSP “Badan Nasional Standarisasi Pendidikan”

ANBK resmi menjadi pengganti UNBK yang telah diluncurkan pada tahun 2019 sebagai satu produk dari Merdeka Belajar dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim.

Secara umum, ANBK adalah penilaian yang dilakukan di setiap jenjang sekolah, mulai dari SD, SMP, SMA/SMK dan sederajat. Berbeda dengan UNBK yang dilaksanakan pada akhir tahun sekolah, ANBK dikerjakan di kelas 5 SD, 8 SMP, dan 11 SMA/MA

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Simulasi ini hanya untuk sekolah yang berstatus mandiri dan mandiri yang ditumpangi dengan moda daring atau semi daring.

Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.  Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Asesmen Nasional ini sangat perlu dilakukan untuk peningkatan mutu pendidikan yang ada di Indonesia. Asesmen ini dirancang untuk dapat menghasilkan informasi yang akurat untuk mengevaluasi dan memperbaiki kualitas belajar mengajar yang pada akhirnya akan meningkatkan hasil belajar murid. Asesmen Nasional akan menghasilkan informasi untuk memantau perkembangan mutu dari waktu ke waktu apakah pembelajaran yang dilaksanakan sudah merata ke semua murid atau belum.