Program Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama bagi siswa kelas X dan XI di SMA Negeri 6 Singkawang.

Program Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama bagi siswa kelas X dan XI di SMA Negeri 6 Singkawang.

 

Bertepatan dengan hari Ulang tahun TNI yang ke 76 pada hari Selasa tanggal 5 Oktober 2021 telah dilaksanakan Program Vaksinasi Covid-19 tahap pertama bagi siswa kelas X dan XI di SMA Negeri 6 Singkawang. Program vaksinasi  ini mengacu pada keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim yang menargetkan agar semua sekolah sudah dapat melakukan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka mulai Juli 2021. Sedangkan di SMA Negeri 6 Singkawang telah memulai membuka kegiatan belajar mengajar secara PTM sejak tanggal 18 Agustus 2021.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem A. Makarim menyampaikan bahwa pemerintah pusat telah mengeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Kesehatan, dan Menteri Agama tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. SKB 4 Menteri ini merupakan acuan bagi seluruh daerah di wilayah PPKM level 1 – 3 dalam melaksanakan PTM.

Nadiem juga menjelaskan bahwa pelaksanaan PTM ini merupakan metode belajar campuran (blended learning) dimana setengah kapasitas kelas masih melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Ia juga mendorong terlaksananya percepatan pemberian vaksinasi kepada tenaga pengajar dan murid agar PTM dapat berjalan dengan aman.

“Karena protokol PTM Terbatas, makanya kita menggunakan kata terbatas, itu adalah maksimum kapasitasnya 18 anak per kelas untuk SD, SMP dan 5 anak per kelas untuk PAUD misalnya. Jadi itu sekitar 50 persen dari kapasitas normal,” jelas Nadiem.

“Kami mendorong juga berkoordinasi dengan Kemenkes (Kementerian Kesehatan) dan Satgas Covid untuk memastikan bahwa vaksinasi tenaga pendidik, guru, dan juga vaksinasi murid di atas umur 12 tahun itu terakselerasi secepat mungkin

Dengan mulai dilakukannya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas di sekolah-sekolah pada wilayah PPKM level 1 – 3, maka penerapan protokol kesehatan pun harus semakin ketat dilaksanakan. Selain dengan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak), vaksinasi menjadi salah satu faktor penting untuk memastikan PTM terlaksana dengan aman. Pelaksanaan vaksinasi di SMA Negeri 6 Singkawang dapat terlaksana berkat berkerjasama dengan Puskesmas Singkawang Utara dan Klinik bersama

Do’a kita bersama semoga dengan terlaksananya program vaksinasi bagi seluruh siswa SMA Negeri 6 Singkawang diharapkan akan tercipta lingkungan sekolah yang sehat dan terbebas dari corona virus. Sehingga proses belajar mengajar secara PTM tidak lagi mengalami gangguan dan hambatan.

 

Salam Sehat

Maju Bersama
Hebat Semua