Pada hari Sabtu tanggal 15 Oktober 2022 di SMA Negeri 6 Singkawang telah dilaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK). lLDK adalah sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Tema yang diangkat dalam pelatihan tersebut adalah “Menjadi Calon Pemimpin Inspiratif Untuk Masa Depan”. Pelatihan ini dibuka langsung oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 6 Singkawang Bapak Anang Taufik Karunia, S.Pd, M.Pd. Latihan dasar  ini khusus diberikan kepada  Pengurus OSIS SMA Negeri 6 yang telah dilantik pada tanggal 5 September 2022 lalu. LDK yang diberikan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan kepada Pengurus OSIS baru yang nantinya akan menjadi pemimpin dari seluruh kesatuan OSIS di sekolah.


Apa Saja Manfaat Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS)?

  1. Melatih Rasa Percaya Diri

LDK menjadi kegiatan yang tepat untuk melatih dan menumbuhkan rasa percaya diri siswa. Selama kegiatan LDK siswa dilatih untuk menjadi lebih percaya diri melalui berbagai materi yang disampaikan.

  1. Belajar untuk Menyelesaikan Masalah

LDK yang umum dilakukan untuk para pengurus OSIS salah satunya bermanfaat untuk melatih bagaimana cara menyelesaikan permasalahan dengan tepat. Fasilitator LDK akan memberikan berbagai materi yang sebenarnya bertujuan untuk melatih siswa menyelesaikan masalah yang ada.

  1. Mengasah Kemampuan Organisasi

Salah satu manfaat dari Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi para siswa adalah untuk memupuk sifat dan jiwa kepemimpinan dalam berorganisasi. Siswa yang saat ini masih berstatus sebagai pelajar akan menjadi generasi penerus dan pemimpin-pemimpin dalam 10 atau 20 tahun ke depan. Tantangan di masa depan tidak akan menjadi semakin mudah namun semakin berat sehingga diperlukan seorang pemimpin yang tangguh dan kuat.

  1. Memupuk Sifat Kepemimpinan

Agar bisa menemukan pemimpin yang tangguh dan sesuai dengan kualifikasi diperlukan seleksi yang cukup ketat. Seleksi tersebut bisa dibuat ataupun terjadi secara natural yang disebut sebagai seleksi alam. Siswa yang sudah mengikuti LDK saat masih sekolah memiliki peluang yang lebih besar tampil sebagai pemimpin masa depan.

  1. Sarana Pengembangan Diri

Melalui materi-materi yang diberikan dalam LDK bisa menemukan apa kelebihan yang dimiliki sehingga bisa dioptimalkan sejak dini. Kelebihan dan potensi diri yang dikembangkan sejak awal bisa menjadi bekal kesuksesan siswa di masa depan. Apalagi melalui LDK siswa juga dilatih untuk berpikir dan memecahkan masalah yang akan melengkapi potensi dalam diri kamu nantinya.