Pada hari Jum’at tanggal 4 – 5 Februari 2023 telah dilaksanakan kegiatan pengukuhan bagi anggota paskib SMA Negeri 6 Singkawang. Kegiatan pengukuhan anggota Paskibra dimulai sejak pukul 14.00 WIB. Sementara upacara pembukaan kegiatan baru dilaksanakan pada malam hari pukul 20.00 WIB yang dipimpin langsung oleh kepala sekolah Bapak Anang Taufik Karunia, S.Pd M.Pd. kegiatan berakhir pada hari Sabtu pukul 13.00 WIB.

Nama persatuaan paskibra SMA Negeri 6 Singkawang adalah Kopasna. KOPASNA sendiri adalah merupakan kepanjangan dari Korp Paskibra SMA Negeri enAm.

pada saat kegiatan pengukuhan tersebut juga dihadiri oleh beberapa orang alumni SMA Negeri 6 Singkawang yang pada saat mereka masih sekolah juga aktif  sebagai anggota kopasna. Para alumni tersebut juga pernah membawa nama baik sekolah karena mereka juga merupakan anggota paskib sekolah maupun anggota paskib tingkat kota Singkawang. Diantara para alumni yang hadir tersebut adalah :

  1. Gery Suwanto anggota paskib tingkat kota tahun 2011
  2. Muhammad Muhlisin anggota paskib tingkat kota tahun 2014
  3. Ananda Suhada anggota paskib tingkat kota tahun 2017
  4. Dian Kusumawati anggota paskib tingkat kota tahun 2019
  5. Rionaldo anggota paskib tingkat kota tahun 2021
  6. Avis Arviansyah anggota Kopasna
  7. Daud anggota Kopasna

Salah satu alumni dari SMA Negeri 6 Singkawang yang memulai karirnya dari anggota paskib sekolah sampai bisa berhasil menjadi anggota TNI adalah Muhammad Muhlisin. Pada malam pengukuhan tersebut para alumni juga diberikan waktu untuk mengisi materi maupun untuk memberikan motivasi kepada adaik-adik mereka yang sudah dikukuhkan menjadi anggota Kopasna.