Pesantren Kilat Ramadhan 1444 H

pada hari Selasa – Rabu tanggal 11 – 12 April 2023 di SMAN 6 Singkawang meggelar kegiatan pesantren kilat. Pesantren kilat tersebut merupakan kegiatan yang lazim dilakukan sekolah dalam rangka mengisi kegiatan di bulan Ramadhan. Tujuannya adalah agar menjadikan peserta didik lebih paham ajaran agama serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tema yang diangkat dalam kegiatan pesantren kilat tersebut adalah “Melalui Pesantren Kilat Kita Tingkatkan Iman dan Taqwa Menuju Pelajar yang Beraklaqul Karimah”

Kegiatan pesantren kilat yang dilaksanakan di SMAN 6 Singkawang digelar selama 2 hari. Kegiatan Pesantren kilat diawali dengan sholat Dhuha dan selanjutnya secara resmi kegiatan pesantren kilat tersebut dibuka oleh Kepala Sekolah SMAN 6 Singkawang, Bapak Anang Taufik Karunia,  S.Pd. M.Pd. Setelah pembukaan materi dilanjutkan dengan belajar tentangAhlaqul Karimah dan pergaulan remaja.

Pada hari kedua dilakukan kegiatan dengan dengan materi fiqih dan adab puasa serta lomba cerdas cermat serta lomba azan. Selain itu pada hari kedua kegiatan pesantren kilat ditutup dengan acara buka puasa bersama. Kegiatan pesantren kilat ini hanya diperuntukkan bagi siswa kelas XI saja. Mengingat bahwa ini adalah kegiatan pertama dibulan Ramadhan yang digelar pasca terjadinya wabah Covid-19