Peringatan Hardiknas 2023

Bangsa Indonesia kembali memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada Selasa, 2 Mei 2023. Peringatan Hardiknas setiap tahunnya bertepatan dengan hari lahir Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara. Ki Hajar Dewantara atau yang memiliki nama asli R.M Suwardi Suryaningrat mempelopori pendidikan bagi pribumi pada zaman kolonialisme Belanda. Ia lahir dari keluarga ningrat pada 2 Mei 1889 di Yogyakarta.

Ki Hajar Dewantara memiliki semboyan yang digunakan dalam sistem pendidikan di Indonesia. Semboyan dalam bahasa Jawa ini berbunyi Ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani. Semboyan tersebut dapat diterjemahkan seperti berikut ini:
Ing Ngarsa Sung Tulada: di depan, seorang pendidik harus memberi teladan atau contoh tindakan yang baik
Ing Madya Mangun Karsa: di tengah atau di antara murid, guru harus menciptakan prakarsa dan ide
Tut Wuri Handayani: dari belakang seorang guru harus bisa memberikan dorongan dan arahan

Tema Hari Pendidikan Nasional 2023 adalah “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar“. Hal itu tertuang dalam Surat Nomor 12811/MPK.A/TU.02.03/2023 tentang Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Selain itu, bulan Mei 2023 juga dicanangkan sebagai bulan Merdeka Belajar seiring dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023.

Dalam rangka peringatan Hardiknas 2 Mei 2023 SMAN 6 Singkawang menggelar upacara bendera yang dimpimpin oleh Wakasek. Ibu Sri Wahju Handajani, S.H.  sementara yang menjadi petugas upacanya adalah dari OSIS dan anggota Paskibra. Kepala seoklah pada saat yang bersamaan juga sedang menghadiri kegiatan yang serupa di dinas pendidikan provinsi Kalimantan Barat sehingga tidak berada disekolah. Upacara bendera kali ini agak berbeda karena paraa petugas dan peserta upacaranya menggunakan pakaian adat atau pakaian batik. Upacara ini juga menandai hari pertama masuk sekolah setelah libur 2 pekan dalam rangka menyambut hari Raya Idul Fitri 1444 H. selesai pelaksanaan upacara dilajutkan dengan kegiatan Halal Bi Halal sesama warga SMAN 6 Singkawang.